1. Home
  2. Kesehatan
  3. Antisipasi Antrean Pasien Covid-19, Sejumlah Rumah Sakit Swasta Kota Blitar Dirikan Tenda Darurat
Antisipasi Antrean Pasien Covid-19, Sejumlah Rumah Sakit Swasta Kota Blitar Dirikan Tenda Darurat

Antisipasi Antrean Pasien Covid-19, Sejumlah Rumah Sakit Swasta Kota Blitar Dirikan Tenda Darurat

0

MayangkaraNews.com . Sejumlah rumah sakit swasta di Kota Blitar menyiapkan tenda darurat untuk antisipasi antrean pasien Covid-19.

Dirut Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar Mafrurrochim Hasyim mengatakan, pendirian tenda darurat di halaman rumah sakit itu, sebagai antisipasi antrian pasien Covid-19. Menurut Hasyim, saat ini RS Syuhada Haji belum membuka pelayanan pasien Covid-19, namun bukan berarti tidak dilakukan persiapan, sebab perkembangan kasus Covid-19 di Kota Blitar terus bertambah setiap harinya.

Hasyim mengatakan, jika sewaktu waktu RS Syuhada Haji mendapat limpahan pasien Covid-19, pihaknya sudah siap sehingga tidak mencampurkan antara pasien umum dan pasien suspek Covid-19. Akan tetapi juga bisa sebaliknya, tenda darurat ini untuk layanan pasien umum dan pelayanan pasien suspek di dalam ruangan, karena hingga saat ini belum ditentukan sebab masih dalam pembahasan.

Tenda darurat ini, mampu menampung sekitar 5 -6 orang. Sementara untuk kapasitas ruang isolasi, pihaknya menyediakan 15 bed diruang atas, sedangkan di ruang bawah hanya ada 2 bed yang disiapkan untuk pasien menunggu antrean sebelum masuk ke ruang isolasi.

Sementara Kasubid Humas RSI Aminah Blitar Imro Atus Sa’adah juga mengatakan hal yang sama, pendirian tenda darurat ini untuk antisipasi antrian layanan pasien Covid-19. Imro menjelaskan, di RSI Aminah sebelum pasien dibawa ke ruang isolasi, mereka hasus diperiksa di IGD khusus Covid-19.

Sekedar informasi, IGD di RSI Aminah itu ada dua jalur, untuk pasien umum dan untuk pasien Covid-19. Sehingga jika IGD pasien Covid-19 di RSI Aminah penuh, maka pasien bergejala atau suspek bisa diperiksa di tenda darurat itu namun bukan dilakukan perawatan.

Sebab untuk perawatan pasien Covid-19, ada ruangan yang telah disiapkan. Saat ini, kapasitas bed isolasi di RSI Aminah sudah penuh, pihaknya akan berkomunikasi dengan Satgas Covid-19 ataupun rekanan, apabila ada pasien Covid-19 yang harus mendapat perawatan di ruang isolasi.

Hal ini pun juga dibenarkan Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim sisworo. Menurutnya, pendirian tenda darurat itu merupakan kebijakan rumah sakit swasta itu sendiri. [Foto Detiknews. Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial