Home Lang Lang Kota Bawaslu Kabupaten Blitar Melaporkan KPU Kabupaten Blitar Karena Menunda Putusan Bawaslu Tentang Sengketa Partai Golkar
Bawaslu Kabupaten Blitar Melaporkan KPU Kabupaten Blitar Karena Menunda Putusan Bawaslu Tentang Sengketa Partai Golkar

Bawaslu Kabupaten Blitar Melaporkan KPU Kabupaten Blitar Karena Menunda Putusan Bawaslu Tentang Sengketa Partai Golkar

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Bawaslu telah menerima pemberitahuan tertulis resmi dari KPU Kabupaten Blitar yang tidak bisa melaksanakan putusan Bawaslu untuk memasukkan nama kader Partai Gokar, Edi Muklison, mantan narapidana korupsi kedalam Daftar Bacaleg dengan landasan Surat Edaran KPU RI nomor 991 tahun 2018.

“Dalam sengketa ini tugas Bawaslu Kabupaten Blitar telah selesai, sehingga pihaknya menyerahkan sengketa ini kepada Bawaslu Jatim untuk tindaklanjut dari surat KPU Kabupaten Blitar. Dan Bawaslu menunggu instruksi lanjutan dari Bawaslu Provinsi Jatim dan Bawaslu RI,” jelas Abdul Hakam Solahudin Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar.

Namun Hakam mengaku, dikabulkannya putusan sengketa Partai Golkar telah sesuai dengan Undang-undang no 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang tidak membatasi siapapun untuk dipilih dan memilih, termasuk mantan narapidana korupsi. Dan Edi Muklison telah memenuhi persyaratan administrasi seusai dengan peraturan itu.

“Berbeda dengan sengketa Partai Golkar, KPU Kabupaten Blitar bersedia melaksanakan putusan Bawaslu dalam sengketa Partai Berkarya, untuk kembali memasukkan nama salah satu Bacaleg yang dicoret karena tidak memenuhi keterwakilan 30 persen wanita, untuk dipindah daerah pilihan. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial