1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Bawaslu Kabupaten Blitar Surati KPU Karena Adanya 8 Aduan Masyarakat Yang Tercatut Dalam Data Parpol
Bawaslu Kabupaten Blitar Surati KPU Karena Adanya 8 Aduan Masyarakat Yang Tercatut Dalam Data Parpol

Bawaslu Kabupaten Blitar Surati KPU Karena Adanya 8 Aduan Masyarakat Yang Tercatut Dalam Data Parpol

0

MayangkaraNews.com . Bawaslu Kabupaten Blitar surati KPU setelah ada 8 aduan masyarakat yang tercatut dalam data parpol.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa mengatakan, sejak membuka Posko Aduan Masyarakat 15 Agustus lalu Bawaslu Kabupaten Blitar sudah menerima 8 aduan masyarakat yang namanya tercatut dalam parpol.

Hal ini diketehui dalam Sistem Informasi Parpol (Sipol) calon peserta pemilu 2024 yang menunjukan nama mereka terdaftar padahal mereka tidak pernah bergabung ke parpol.

Priya Hari Santoso mengatakan, delapan orang yang mengadu namanya tercatat dalam parpol ini diantaranya berlatar belakang sebagai guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK), mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja swasta juga wiraswasta.

Adanya aduan ini Bawaslu Blitar melaporkan aduan tersebut berjenjang ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur serta menyurati KPU Kabupaten Blitar mengenai delapan nama yang sudah mengadu ke Bawaslu Blitar.

Priya menambahkan, tindak lanjut atas aduan tersebut memang berada di KPU untuk memasukkan masyarakat yang namanya dicatut parpol ke dalam daftar tidak memenuhi syarat (TMS) dalam verifikasi administrasi dokumen keanggotaan parpol.

Saat dikonfirmasi Anggota KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis Nikmatus Sholihah membenarkan terkait surat dari Bawaslu terkait aduan masyarakat.

Nikmatus menjelaskan, secara teknis yang bisa menghapus data orang dari sipol berada di KPU RI yang akan meneruskan ke DPP parpol untuk menghapusnya. Namun KPU Kabupaten Blitar akan meneruskan surat dari bawaslu ini ke KPU RI melalui KPI Provinsi Jatim.

Masyarakat yang namanya tercatut dalam parpol juga diminta pro aktif melaporkan pada opsi help desk di situs sipol.kpu.go.id. [April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x