1. Home
  2. Nasional
  3. &
  4. Dunia
  5. Belum Ada Permohonan Pengangguhan UMK Di Kabupaten Blitar
Belum Ada Permohonan Pengangguhan UMK Di Kabupaten Blitar

Belum Ada Permohonan Pengangguhan UMK Di Kabupaten Blitar

0

Mayangkaranews.com : Seminggu pasca Gubernur Jawa Timur Soekarwo menetapkan UMK Kabupaten-Kota di Jawa Timur, dari total 700 perusahaan yang ada di Kabupaten Blitar, belum ada satupun yang mengajukan penangguhan UMK. Kabid Hubungan industri dan Satuan Kerja (Hubinsaker) Disnakertrans Kab Blitar – Arinal Huda mengatakan, kemungkinan mereka saat ini sedang pikir-pikir dan secara intern membahas kondisi ini bersama managemen masing-masing perusahaan.
“Kondisi seperti ini sebenarnya lumrah, tapi akan bermasalah jika perusahaan tidak mengajukan penangguhan UMK, namun kenyataannya tidak menggaji karyawannya sesuai dengan UMK yang berlaku tahun 2017” dikatakan Arinal Huda. Arinal menambahkan, jika dari evaluasi triwulan pertama 2017 ada laporan pelanggaran, Disnakertrans akan menindak tegas perusahaan nakal itu. Karena dinilai melecehkan institusi pemerintah dan mengabaikan waktu komunikasi yang disediakan Disnakertrans.
Arinal mengaku tetap membuka permohonan pengajuan penangguhan UMK sampai 10 hari menjelang pemberlakuan UMK 2017 pada 1 Januari 2017. Termasuk sosialisasi empat mata dengan pemilik perusahaan. Jika melewati batas yang ditentukan, pihaknya menganggap 700 perusahaan itu sudah setuju dengan besaran UMK yang sudah di tandatangani Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Gubernur Jawa Timur Soekarwo, melalui Peraturan Gubernur Nomor 121/2016 tentang UMK 2017, pada Jumat 18 Nopember 2016 malam, sudah menetapkan besaran UMK di 38 Kabupaten-Kota di Jawa Timur. Dan Khusus Kabupaten Blitar, UMK tahun 2017 sebesar Rp. 1.520.912.(Yuda)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x