1. Home
  2. Ekonomi
  3. Belum Dibuka, Pemberian Rekomendasi Calon PMI Asal Kota Blitar Ke Malaysia Masih Dihentikan
Belum Dibuka, Pemberian Rekomendasi Calon PMI Asal Kota Blitar Ke Malaysia Masih Dihentikan

Belum Dibuka, Pemberian Rekomendasi Calon PMI Asal Kota Blitar Ke Malaysia Masih Dihentikan

0

MayangkaraNews.com . Pemberian rekomendasi calon PMI asal Kota Blitar ke Malaysia masih dihentikan, karena hingga saat ini belum ada surat resmi pembukaan kembali.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Kota Blitar Juyanto mengatakan, pemberian rekomendasi bagi calon pekerja migran indonesia atau PMI asal Kota Blitar dengan negara tujuan Malaysia masih dihentikan sementara, sampai dinyatakan dibuka kembali oleh Menaker Ida Fauziah.

Juyanto menjelaskan, pengiriman PMI dihentikan karena Pemerintah Malaysia melanggar nota kesepahaman atau MoU yang ditandatangani pada 1 April 2022 lalu.

Dalam MoU itu, Indonesia dan Malaysia sepakat untuk hanya menggunakan sistem satu kanal atau One Channel System dalam proses perekrutan PMI. Namun, KBRI mendapati bukti-bukti Malaysia masih melakukan perekrutan dengan system maid online.

Sehingga apabila pelanggaran itu terus dilakukan, dampaknya merugikan tenaga kerja Indonesia. Namun ada kabar jika tanggal 1 Agustus kemarin Menaker telah kembali membuka pengiriman PMI ke Malaysia, namun hingga kini surat edaran itu belum di kirim ke dinas, sehingga untuk sementara rekomendasi belum di berikan.

Juyanto menambahkan, sesuai kewenangan pihaknya hanya memberikan rekomendasi bagi calon PMI dengan tujuan mempunyai data PMI yang ke luar negeri. Kalau tidak memdaftar, tetap bisa ke luar negeri, namun jika terjadi peristiwa disana pihaknya kesulitan membantu. [Dinda]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x