Home Nasional & Dunia BMKG Karangploso Malang menyebut Kota Blitar diprediksi mengalami cuaca buruk saat Idul Fitri 2016
BMKG Karangploso Malang menyebut Kota Blitar diprediksi mengalami cuaca buruk saat Idul Fitri 2016

BMKG Karangploso Malang menyebut Kota Blitar diprediksi mengalami cuaca buruk saat Idul Fitri 2016

0

Mayangkaranews.com : Kepala BMKG Karangploso Malang Hartanto mengatakan, pengaruh gelombang tinggi di pantai selatan Blitar Raya yang semakin besar akibat perubahan iklim dan Lanina, serta terjadinya pasang naik air laut diatas normal (Rob), sehingga mengakibatkan suhu di wilayah daratan Kota Blitar semakin dingin, sehingga hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kota Blitar saat Lebaran. Menurut Hartanto prediksi ini berdasarkan kondisi iklim yang memang mengalami pergeseran, terutama musim kemarau yang menjadi semakin pendek sehingga potensi hujan angin disertai petir dan puting beliung masih terus mengancam, apalagi suhu air laut pantai selatan Blitar saat ini terus menghangat, sehingga potensi panas juga akan semakin menipis.
Menurut Hartanto kondisi seperti ini hanya terjadi di 46% wilayah Jawa Timur, terutama di pesisir selatan termasuk Kota Blitar yang intensitas hujannya masih tinggi sampai Agustus 2016. Hartanto menambahkan selain di Kota Blitar, prediksi cuaca buruk juga terjadi di Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek.(Yuda)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial