Home Kesehatan Capaian Pengobatan TBC Di Kabupaten Blitar Jauh Dari Target
Capaian Pengobatan TBC Di Kabupaten Blitar Jauh Dari Target

Capaian Pengobatan TBC Di Kabupaten Blitar Jauh Dari Target

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Dalam setahun rata-rata Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menemukan sekitar 500 sampai dengan 600 kasus penyakit TBC yang tertangani dan diobati.

“Seusai dengan kajian, rata-rata di Kabupaten Blitar ada lebih dari 3.000 kasus TBC yang harus ditangani dan diobati Pemerintah, namun jumlah temuan hanya sekitar 20 persen saja. Sehingga ada sekitar 80 persen penderita TBC tidak bisa dijangkau Pemerintah untuk mendapatkan pengobatan secara gratis. Hasil analisis para ahli, perhatian Pemkab terhadap penyakit TBC masih kurang, sehingga diindikasi banyak penderita berobat ke daerah terdekat lainnya atau pihak swasta. Kami akan membuat Rencana Aksi Daerah (RAD) yang akan dikuatkan dengan Peraturan Bupati untuk terus meningkatkan capaian pengobatan terhadap penderita TBC di Kabupaten Blitar selama 5 tahun kedepan,” jelas Kuspardani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Kuspardani menambahkan, pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan lintas sektor dan juga masing-masing Puskesmas untuk meningkatkan capaian pengobatan terhadap Penyakit TBC. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial