Home Lang Lang Kota Jumlah TKI Asal Kabupaten Blitar Mengalami Trend Kenaikan
Jumlah TKI Asal Kabupaten Blitar Mengalami Trend Kenaikan

Jumlah TKI Asal Kabupaten Blitar Mengalami Trend Kenaikan

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Mulai bulan Januari sampai dengan 14 September 2018, Disnaker Kabupaten Blitar mencatat ada 3.303 warga Kabupaten Blitar yang berangkat ke luar negeri menjadi TKI.

“Jumlah ini mengalami kenaikan 144 TKI dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Trend kenaikan jumlah keberangkatan TKI ini terjadi sejak awal tahun 2018, khususnya untuk TKI non formal dengan tujuan Hongkong dan Taiwan,” jelas Jarun Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar.

Jarun mengaku, kenaikan cukup banyak terjadi pada bulan Agustus dan September, dikarenakan diberlakukannya aturan tentang ID TKI yang harus terdaftar di Dinas Tenaga Kerja setempat, karena diduga selama ini banyak TKI yang mendaftar melalui Pemerintah Provinsi tanpa melakukan prosedur di Kabupaten Blitar yang membuat TKI itu tidak terdaftar di Kabupaten Blitar.

“Selain Hongkong dan Taiwan, beberapa negara tujuan TKI asal Kabupaten Blitar diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Korea Selatan. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial