Home Lang Lang Kota KPU Kabupaten Blitar Memastikan Akan Melaksanakan Putusan Bawaslu Terkait Sengketa Partai Berkarya
KPU Kabupaten Blitar Memastikan Akan Melaksanakan Putusan Bawaslu Terkait Sengketa Partai Berkarya

KPU Kabupaten Blitar Memastikan Akan Melaksanakan Putusan Bawaslu Terkait Sengketa Partai Berkarya

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Sengketa yang diajukan Bacaleg Partai Berkarya, Sutrisno karena dicoret dari Daftar Caleg Sementara karena tidak terpenuhinya keterwakilan 30 persen wanita di daerah pilihan satu, dikabulkan pihak Bawaslu Kabupaten Blitar. KPU Kabupaten Blitar saat ini sudah memproses putusan Bawaslu dengan kembali memasukkan nama Sutrisno ke Daftar Caleg di daerah pilihan lain.

“Sutrisno akan dimasukkan ke Dapil lain yang telah memenuhi syarat, diantaranya dapil 2, dapil 3, dapil 4, dapil 5 atau dapil 6. Sutrisno akan diumumkan masuk di Daftar Caleg Tetap yang akan diumumkan maksimal pada 20 September 2018,” jelas Luqman Hakim Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Blitar mengabulkan sengketa yang diajukan Sutrisno, Bacaleg Partai Berkarya yang dicoret KPU Kabupaten Blitar dari Daftar Calon Sementara, karena satu-satunya Caleg perempuan dalam dapil 1 tidak memenuhi syarat dan tidak memenuhi keterwakilan 30 persen wanita dalam satu dapil. Bawaslu berpedoman pada Undang-Undang no 7 tahun 2017 didalam pasal 249 ayat 2 yang menyebutkan KPU RI, KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kab/Kota harus memberikan kesempatan kepada parpol untuk memperbaiki daftar calon, untuk memenuhi keterwakilan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial