Home Lang Lang Kota KPU Kabupaten Blitar Meneliti Berkas Bacaleg Mantan Narapidana
KPU Kabupaten Blitar Meneliti Berkas Bacaleg Mantan Narapidana

KPU Kabupaten Blitar Meneliti Berkas Bacaleg Mantan Narapidana

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Sesuai Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR/ DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, mantan narapidana korupsi, kekerasan seksual terhadap anak dan bandar narkoba yang mendaftar menjadi Bakal Calon Anggota Legislatif, harus dicoret atau tidak boleh diloloskan.

“Selama tujuh hari mulai 1 sampai dengan 8 Agustus dalam masa verivikasi berkas Bacaleg, selain mengecek kelengkapan berkas 501 Bacaleg yang telah masuk ke KPU, juga akan diteliti ada tidaknya bacaleg yang melanggar PKPU itu,” jelas Luqman Hakim Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan.

Untuk Bacaleg yang diketahui tidak sesuai dengan PKPU, tidak diloloskan atau tidak masuk dalam daftar Caleg Sementara atau DCS. Sementara untuk Bacaleg mantan napi selain 3 kasus itu, masih memiliki kesempatan masuk dalam DCS dan diumumkan ke masyarakat untuk saran dan masukan sebelum ditetapkan. Luqman menambahkan, sesuai tahapan, DCS akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapat masukan dan saran pada 12-14 agustus 2018. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial