Home Lang Lang Kota Membutuhkan Lebih Dari 23.000 Petugas, Rekrutmen Petugas KPPS Di Kabupaten Blitar Dimulai Lebih Awal
Membutuhkan Lebih Dari 23.000 Petugas, Rekrutmen Petugas KPPS Di Kabupaten Blitar Dimulai Lebih Awal

Membutuhkan Lebih Dari 23.000 Petugas, Rekrutmen Petugas KPPS Di Kabupaten Blitar Dimulai Lebih Awal

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2019 nanti, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Blitar meningkat 2 kali lipat dari sebelumnya menjadi 4.753 TPS. Dengan jumlah TPS yang bertambah, petugas Kelompok Penyelengara Pemungutan suara atau KPPS juga akan bertambah dua kali lipat, sejumlah 23.765 petugas dengan 5 petugas per TPS.

“Meskipun tahapan untuk rekrutmen petugas KPPS belum dimulai, saat ini masing-masing PPK dan PPS sudah mulai melakukan pemetaan dan persiapan. Dikarenakan aturan terbaru tentang periodesasi maksimal 2 kali menjadi petugas. Sehingga akan lebih sulit mencari SDM yang bisa menjadi petugas KPPS, karena dalam satu RW bisa terdapat lebih dari 1 TPS,” jelas Ragil Agus Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Farmas dan SDM.

Ragil mengaku, dengan persiapan rekruitmen yang dilakukan lebih awal, nanti saat tahapan resmi telah dimulai pada bulan Januari masing-masing PPK dan PPS sudah tidak kesulitan dalam mencari petugas KPPS. Karena selain KPPS juga akan ada petugas-petugas lain yang dibutuhkan seperti linmas dan saksi masing-masing peserta Pemilu.

“Meski jumlah petugas KPPS yang dibutuhkan sangat banyak, dalam pemilu 2019 ini aturan dipermudah dengan usia minimal petugas 17 tahun,” tambah Ragil Agus. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial