Home Lang Lang Kota Mengenalkan Sejarah Blitar Kemenpora Memilih Candi Simping Sebagi Titik Akhir Kirab Pemuda Nusantara 2017
Mengenalkan Sejarah Blitar Kemenpora Memilih Candi Simping Sebagi Titik Akhir Kirab Pemuda Nusantara 2017

Mengenalkan Sejarah Blitar Kemenpora Memilih Candi Simping Sebagi Titik Akhir Kirab Pemuda Nusantara 2017

0

Mayangkaranews.com : Kepala Bidang Kreativitas Fashion dan Film Kementrian Pemuda dan Olahraga, Yudhistira mengatakan, Kirab Pemuda Nusantara yang diikuti 72 pemuda pilihan dari seluruh Indonesia sudah singgah di 100 Kabupaten Kota di seluruh Indonesia dan selasa 5 Desember finish di Candi Simping Desa Sumberjati Kademangan Kabupeten Blitar. Menurut Yudhistira, dipilihnya Candi Simping, karena besarnya nilai sejarah di Candi Simping sebagai tempat penyimpanan abu Raden Wijaya. Saat ini banyak pemuda yang tidak mengetahui sejarah kerajaan dan budaya sehingga ke 72 pemuda dapat mengambil banyak pembelajaran di Blitar dan disebarluaskan ke pemuda lainny. Sementara Bupati Blitar Riyanto mengatakan, sebelumnya ke 72 peserta dibagi menjadi dua zona.

Sebanyak 36 peserta berada di zona pertama dengan titik awal di Miangas Sulawesi Utara dan melintasi Sabang dan berakhir di Blitar. Kemudian Zona kedua memuali dari Rote Nusa Tenggara Timur NTT melintasi Merauke dan berakhir di Blitar. Diharapkan dengan dipilihnya Blitar sebagai tempat finish bisa berdampak positif untuk pemuda agar lebih dapat mengenal budaya dan sejarah Blitar yang mulai terkikis perkembangan teknologi dan informasi. Pantauan Reporter dilapangan pada Selasa siang, 5 Desember 2017, kirab 72 pemuda mengambil start di Candi Simping dan finish di Pelataran Parkir Makam Bung Karno diikuti 1500 peserta dan serangkaian acara pawai pemuda masih akan berlangsung selama 3 hari kedepan sampai 7 Desember. (Nita)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial