Home Ekonomi Menguatnya Dollar AS Menguntungkan Petani Kedelai Lokal Di Indonesia
Menguatnya Dollar AS Menguntungkan Petani Kedelai Lokal Di Indonesia

Menguatnya Dollar AS Menguntungkan Petani Kedelai Lokal Di Indonesia

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Menguatnya dollar Amerika Serikat yang mencapai Rp. 14.845 pada Kamis (13/9/2018), justru menguntungkan petani kedelai Kota Blitar, karena dengan naiknya harga kedelai impor, harga kedelai impor naik di pasaran dan pedagang beralih membeli kedelai lokal karena lebih murah.

“Sebelum dollar Amerika menguat, harga kedelai impor dari Amerika mencapai Rp. 7050 dan setelah dollar menguat menjadi Rp. 7100. Sementara harga kedelai lokal menjadi Rp. 6.900. Begitupun sebaliknya, disaat dollar stabil, harga kedelai impor lebih murah dari harga kedelai lokal, sehingga kedelai lokal tidak laku,” kata Arjuni, perempuan (51) satu diantara pengepul kedelai warga jalan Bengawan Solo Kota Blitar.

Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika ini disambut baik petani kedelai lokal. Arjuni berharap, pemerintah dapat segera menuntaskan masalah perekonomian di Indonesia menyangkut kesejahteraan petani lokal yang bersaing dengan barang impor. Padahal menurut Arjuni, hasil produksi lokal lebih baik ketimbang impor, khususnya untuk kedelai. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial