1. Home
  2. Ekonomi
  3. Pabrik Rokok Terbesar Yang Ada Di Wilayah Sukorejo Kota Blitar Resmi Tutup Pada 1 September 2022
Pabrik Rokok Terbesar Yang Ada Di Wilayah Sukorejo Kota Blitar Resmi Tutup Pada 1 September 2022

Pabrik Rokok Terbesar Yang Ada Di Wilayah Sukorejo Kota Blitar Resmi Tutup Pada 1 September 2022

0

MayangkaraNews.com . Pabrik rokok terbesar yang ada di wilayah Sukorejo Kota Blitar resmi tutup pada tanggal 1 September 2022.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan menengah dan Tenaga Kerja Juyanto mengatakan, 1 pabrik rokok yang ada di kawasan Sukorejo Kota Blitar akan resmi tutup pada tanggal 1 September 2022. 1 pabrik rokok terbesar di Kota Blitar ini tutup karena omzetnya turun sejak tahun 2019 lalu.

Juyanto menjelaskan, dari keterangan menjemen pabrik rokok itu penutupan dilakukan karena omzet makro yang didapat pabrik menurun sejak tahun 2019 lalu. Akhirnya pada tahun ini manajemen memutuskan untuk menutup pabrik, sedangkan untuk seluruh karyawan saat ini sudah dirumahkan atau di PHK.

Untuk karyawan mendapat pesangon sebesar 2 kali gaji mereka, namun dinas meminta agar pemberian gaji maksimal dilakukan sebelum tanggal 10 September 2022.

Sementara itu, Perwakilan dari PT Karyadibya Mahardhika Putri Sasongko mengatakan, penutupan pabrik sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal 29 Agustus 2022, namun baru resmi ditutup pada tanggal 1 September.

Putri menjelaskan, penutupan pabrik rokok ini merupakan keputusan berat yang diambil perusahan sebab pabrik rokok ini sudah berdiri lama dan memiliki karyawan sekitar 800 orang, namun karena untuk optimalisasi sehingga perusahaan memilih untuk menutup perusahaan.

Putri mengatakan, seluruh karyawan dirumahkan dengan tetap diberikan kompensasi. Sebelumnya perusahaan juga telah memberikan pilihan kegiatan vokasi atau training kepada karyawan sehingga ketika sudah tidak lagi bekerja di perusahaan pabrik rokok ini bisa memiliki keahlian.

Vokasi yang diberikan diantaranya tata boga, tata busana, servis HP dan lain-lain.

Seperti diketahui, pabrik rokok di Kecamatan Sukorejo ini merupakan pabrik penghasil cukai terbesar di Blitar. [Dinda]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x