Home Lang Lang Kota Pendopo Ronggo Hadi Negoro Diusulkan Menjadi Cagar Budaya
Pendopo Ronggo Hadi Negoro Diusulkan Menjadi Cagar Budaya

Pendopo Ronggo Hadi Negoro Diusulkan Menjadi Cagar Budaya

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Pendopo Ronggo Hadi Negoro saat ini telah menjadi salah satu objek wisata, setiap hari Minggu sebagai tempat wisata sejarah.

“Kami saat ini dalam proses persiapan Pendopo Ronggo Hadi Negoro menjadi benda Cagar Budaya. Karena diharapkan saat menjadi benda Cagar Budaya, pemilik dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Blitar tidak bisa merubah, tapi dilestarikan dan berkemungkinan besar mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk perawatan dan juga pelestarian,” jelas Luhur Sejati Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga.

Luhur mengaku, saat ini proses ada di tahap penetapan Tim Ahli berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, pihak Kemendikbud dan juga ahli budaya lainnya. Pihaknya tidak bisa memastikan kapan Pendopo Ronggo Hadi Negoro akan resmi ditetapkan menjadi Cagar Budaya, karena membutuhkan proses yang cukup rumit dalam penetapan sejarah.

“Saat ini Pendopo Ronggo Hadinegoro semakin diminati sebagai wisata edukasi, terutama lembaga pendidikan,” tambah Luhur Sejati. [Nita]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial