1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Penertiban Anjal & Pengemis Belum Maksimal Terkendala Peraturan Walikota
Penertiban Anjal & Pengemis Belum Maksimal Terkendala Peraturan Walikota

Penertiban Anjal & Pengemis Belum Maksimal Terkendala Peraturan Walikota

0

MayangkaraNews.com . Penertiban Anak jalanan (Anjal) dan Gelandangan Pengemis (Gepeng) di Kota Blitar yang belum maksimal karena tidak adanya peraturan Walikota.

Kepala Dinas Sosial Kota Blitar Priyo Istanto mengatakan, Kota Blitar dianggap perlu memiliki Peraturan Walikota (Perwali) soal penertiban gelandangan dan pengemis (gepeng) serta anak jalanan (anjal), karena khawatir terus bertambah. Apalagi, gepeng dan anjal didominasi warga masyarakat yang berasal dari luar Kota Blitar.

Menurut Prio, nantinya Perwali itu bisa mengatur permasalahan mulai dari pengaturan lokasi, hingga larangan mereka ada di lokasi tertentu, sebagai pedoman penegakan hukum. Karena selama ini, meskipun ada Peraturan Daerah yang mengatur masalah gepeng dan anjal, namun Perda itu dinilai kurang rinci dan perlu diperkuat dengan peraturan Walikota.

Prio menambahkan, gepeng dan anjal masih menjadi permasalahan setiap tahunnya, sudah dilakukan penertiban tapi setelah mereka kena razia kemudian dibebaskan dan bisa kembali lagi seperti itu. Prio berharap, melalui Satpol-PP Kota Blitar Perwali itu bisa diwujudkan, mengingat Perwali terkait anjal dan gepeng merupakan ranah dari Satpol-PP.

Sementara Plt Kasatpol-PP Kota Blitar Hadi Maskun mengaku, telah mengajukan draft Perwali ke Walikota Blitar. Namun hingga kini Perwali itu belum terbit dan masih berada di bagian hukum.

Pantauan reporter, keberadaan anjal gepeng di Kota Blitar masih sering dijumpai di Jalan Tanjung, Jalan Semeru, Jalan Simpang Empat Kawi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan Kenari dan lainnya. [Foto Tribunnews. Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial