Home Lang Lang Kota Pohon Bersejarah Gada berusia 48 Tahun Di Istana Gebang, Roboh!
Pohon Bersejarah  Gada berusia 48 Tahun Di Istana Gebang, Roboh!

Pohon Bersejarah Gada berusia 48 Tahun Di Istana Gebang, Roboh!

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Pohon Gada yang berada di halaman Istana Gebang Kota Blitar, Rabu pagi (26/9/2018) roboh. Menurut keterangan pegawai di Istana Gebang, pohon roboh sekitar pukul 09.00 WIB. Pohon Gada Ini ditanam sekitar 40 tahun lalu, pada 40 hari setelah wafatnya Presiden pertama RI Bung Karno tahun 1970 silam. Pohon dengan diameter dua meter ini kondisinya terbelah menjadi dua. Separuh batang pohon roboh dan separuh lagi masih tetap berdiri tegak.

“Pohon Gada itu tergolong langka. Karena pohon ini hanya ada di Istana Bogor, Kebun Raya Purwodadi dan di Istana Gebang Blitar. Kami pastikan tidak ada korban atas robohnya pohon Gada ini. Rencananya separuh batang pohon yang masih berdiri akan dirobohkan juga agar tidak berisiko,” jelas Heru Santoso Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar.

Heru memastikan, robohnya pohon Gada ini tidak berdampak untuk pariwisata di Istana Gebang. Pihaknya juga sudah mulai menanam pohon baru untuk pengganti pohon Gada sebagai perindang. [April]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial