1. Home
  2. Kesehatan
  3. Rencana Vaksinasi Kabupaten Blitar Tahap Pertama Batal, Sementara Distribusi Vaksin Di Kota Blitar Dijadwalkan Bulan Februari
Rencana Vaksinasi Kabupaten Blitar Tahap Pertama Batal, Sementara Distribusi Vaksin Di Kota Blitar Dijadwalkan Bulan Februari

Rencana Vaksinasi Kabupaten Blitar Tahap Pertama Batal, Sementara Distribusi Vaksin Di Kota Blitar Dijadwalkan Bulan Februari

0

MayangkaraNews.com . Rencana vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk nakes di Kabupaten Blitar, batal dilaksanakan dalam minggu ini. Sementara itu, rencana distribusi vaksin Covid-19 di Kota Blitar dijadwalkan pada bulan Februari 2021.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, rencana launching vaksinasi tahap pertama tanggal 15 Januari mendatang untuk tenaga kesehatan Kabupaten Blitar batal dilaksanakan.

Hal ini karena lauching vaksinasi tahap pertama hanya diwakili tiga daerah di Jatim meliputi Gresik, Sidoarjo dan Surabaya. Krisna menjelaskan, vaksin Sinovac sampai saat ini masih berada di Provinsi dan belum di distribusikan ke Kabupaten Blitar meski saat ini vaksin sudah mendapat lebel halal dari MUI maupun dinyatakan aman oleh BPOM.

Kabupaten Blitar masih belum mengetahui pasti kapan vaksin diterima. Namun berdasarkan informasi sementara, rencana vaksinasi tahap pertama dimungkinkan molor hingga akhir bulan Januari atau awal Februari mendatang. Hasil revisi data terbaru untuk vaksinasi tahap pertama dilakukan untuk 3000 lebih nakes di Kabupaten Blitar. Angka ini masih bisa berubah tergantung alokasi vaksin yang diterima oleh kabupaten Blitar.

Sementara itu, rencana distribusi vaksin Covid-19 di Kota Blitar dijadwalkan pada bulan Februari 2021. Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Blitar Didik Jumianto mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Blitar telah menerima surat petunjuk teknis terkait distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dari kementerian kesehatan (Kemenkes).

Didik menjelaskan, dalam juknis itu disampaikan Kota Blitar dijadwalkan mendapatkan vaksin pada termin kedua bulan Februari nanti. Namun untuk tanggal pastinya, Didik belum bisa menyebutkan karena distribusi vaksin Covid-19 ini memang dilakukan secara bertahap dan langsung dari Pusat.

Sasarannya, ada sebanyak 2.744 tenaga kesehatan di Kota Blitar yang akan di vaksin. Menurut Didik, pihaknya sudah siap baik logistik, lokasi vaksinasi maupun tenaga vaksinator. Diberitakan sebelumnya, ada 11 fasilitas layanan kesehatan dan 105 #Vaksinator yang telah disiapkan Pemkot Blitar untuk melayani vaksinasi Covid-19. [Foto Kompas. April/Nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial