1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Rully Agassy Warga Kota Blitar Dapatkan 12 Foto Langka Seputar Proklamasi 1945 Dari Negeri Belanda
Rully Agassy Warga Kota Blitar Dapatkan 12 Foto Langka Seputar Proklamasi 1945 Dari Negeri Belanda

Rully Agassy Warga Kota Blitar Dapatkan 12 Foto Langka Seputar Proklamasi 1945 Dari Negeri Belanda

0

MayangkaraNews.com . Rully Agassy Warga Kecamatan Sukorejo Kota Blitar mendapatkan 12 foto langka seputar Proklamasi 1945 dari Negeri Belanda.

Kolektor foto sejarah Rully Agassy mengatakan, telah memiliki 12 foto langka seputar peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Foto itu didapatkan langsung dari (NIMH) Netherlands Institute for Military History.

NIMH merupakan suatu lembaga di bawah Kementrian Pertahanan Belanda. Saat itu Rully mencari foto-foto di internet dan menemukan link NIMH sekitar bulan Mei 2016 silam dan langsung menghungi pihak NIMH melalui email.

Rully mengaku, tak mudah mendapatkan file koleksi foto langka proklamasi itu. Melainkan ada proses yang cukup panjang dibaliknya, hingga membutuhkan waktu dua bulan untuk bisa mengunduh dan mempublikasikan foto-foto ekslusif itu.

Sebelumnya pengajuan izin publikasi itu sempat ditolak dan harus membayar untuk setiap fotonya. Biaya yang diajukan pihak Belanda sekitar Rp 2 juta untuk satu foto. Namun rully bernegosiasi menegaskan kepada pihak NIMH permintaannya bertujuan untuk generasi muda Indonesia mengetahui sejarah lebih dalam dan akan disebarluaskan melalui sosial media miliknya.

Usai mendapatkan akses atau izin publikasi, ada ratusan ribu foto pada link yang diberikan NIMH. Hingga Rully menemukan 12 foto saat Proklamasi Kemerdekaan RI, beberapa diantaranya belum pernah diketahui masyarakat Indonesia.

Rully berharap, masyarakat maupun generasi muda bisa paham tentang bagaimana perjuangan Indonesia untuk merdeka. Sehingga bisa menjadi acuan generasi muda Indonesia tidak lupa dengan sejarah bangsanya. [Debri]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x