1. Home
  2. Kesehatan
  3. 10 Orang Penderita Kusta Ditemukan di Tulungagung
10 Orang Penderita Kusta Ditemukan di Tulungagung

10 Orang Penderita Kusta Ditemukan di Tulungagung

0

MayangkaraNews.com . Meski bukan daerah endemis, namun mulai Januari sampai pertengahan Mei ini sudah ditemukan 10 orang penderita Kusta di Tulungagung.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tulungagung Muhroji mengatakan, sejak tahun 2016 tren kasus Kusta di Tulungagung cenderung fluktuatif, namun selalu berada di atas 20 kasus per tahun.

Kurun waktu Januari sampai pertengahan Mei tahun ini, sudah ditemukan 10 kasus Kusta yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kalidawir, Bandung, Pakel, Ngunut sampai Sumbergempol.

Muhroji mengatakan, sebenarnya Tulungagung bukan daerah endemis Kusta, namun biasanya penyakit ini dibawa orang-orang yang datang dari luar Tulungagung.

Kemudian Pola Hidup Bersih dan Sehat yang kurang dari masyarakat juga bisa menambah resiko terkena penyakit kusta.

Muhroji menambahkan pihaknya juga sudah memberikan penugasan pada Puskesmas untuk melakukan penelusuran ke masyarakat yang menderita Kusta agar bisa segera tertangani.

Karena bila kusta dibiarkan atau masyarakat tidak sadar terkena Kusta, maka berpotensi menimbulkan cacat tubuh pada si penderita. [foto ilustrasi HaloDoc. amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial