Home Lang Lang Kota 131 Juta Disiapkan Pemkot Blitar Untuk Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Sananwetan Kota Blitar
131 Juta Disiapkan Pemkot Blitar Untuk Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Sananwetan Kota Blitar

131 Juta Disiapkan Pemkot Blitar Untuk Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Sananwetan Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com. Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran Rp 131 juta untuk ekskavasi lanjutan Candi Gedog Sananawetan Kota Blitar.

Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran untuk ekskavasi lanjutan Candi Gedog sebesar Rp 131 juta. Anggaran itu untuk kegiatan survei mandiri & pembebasan lahan terbatas.

Kata Tri, pembebasan lahan terbatas ini untuk menyewa lahan milik warga yg terdampak proses ekskavasi, termasuk untuk mengganti tanaman milik warga yg rusak akibat kegiatan ekskavasi pertama.

Selain pembebasan lahan terbatas, menurutnya, Pemkot Blitar juga harus merelokasi 8 makam yg berada di lokasi penemuan Candi Gedog.

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan kecamatan untuk proses relokasi 8 makam. Dinas juga akan berkoordinasi dengan kelurahan untuk mencari ahli waris pemilik 8 makam itu.

Sebelumnya, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur sudah melakukan ekskavasi sejak bulan Oktober lalu.

Saat itu, Tim BPCB menemukan pagar keliling lingkungan Candi Gedog. Sedangkan posisi bangunan utama candi diperkirakan masih terpendam di sekitar pohon beringin di dalam pagar keliling lingkungan candi.

BPCB merekomendasi agar Pemkot Blitar mendukung ekskavasi lanjutan untuk menemukan bangunan induk Candi Gedog. [dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial