1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. 3 Jenis Penipuan Mendominasi Aduan Warga Ke Kemenag
3 Jenis Penipuan Mendominasi Aduan Warga Ke Kemenag

3 Jenis Penipuan Mendominasi Aduan Warga Ke Kemenag

0

Mayangkaranews.com : 3 jenis penipuan mendominasi jumlah aduan warga ke Kemenag Kabupaten Blitar. Kasi penyelengggaraan ibadah haji dan umroh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar – Syaikul Munib mengatakan kasus paling banyak yang masuk berupa kasus haji gratis bayar satu gratis satu. Kebanyakan warga sudah mendaftar dan menyetorkan uang tetapi mereka tidak bisa berangkat dan uang yang disetorkan tidak kembali. Selain itu juga ada kasus haji sistem talangan. Warga diharuskan membayar nominal tertentu dan dijanjikan langsung mendapatkan porsi haji. Kasus ini mirip dengan haji gratis karena pelaku membawa lari uang jamaah. Menurut Syaikul kasus yang juga banyak dilaporkan warga ke Kementrian Agama Kabupaten Blitar diantaranya umroh murah. Di kasus ini warga juga tertipu dengan paket umroh yang tidak masuk akal diantaranya umroh dengan hotel bintang 4 hanya Rp. 11.000.000,-.
Semua kasus ini masuk antara tahun 2013 sampai September 2016. Dalam menyelesaikan kasus Kemenag Kabupaten Blitar selalu melakukan mediasi. Jika dirasa gagal dan tidak ada titik temu semua kasus dilimpahkan ke kepolisian. Tetapi kebanyakan warga yang melapor enggan kasusnya dipublikasikan.
Syaikul mengaku sudah gencar melakukan sosialisasi haji dan umroh resmi melalui pengajian dan KBIH dibeberapa Kecamatan. Dia berharap tidak ada lagi aduan kasus penipuan haji dan umroh yang masuk di Kemenag karena penyelesaiannya sangat rumit. Syaikul menambahkan kebanyakan warga yang tertipu haji dan umroh mengaku mendaftar ke biro haji dan umroh yang tidak mempunyai perwakilan di Blitar Raya dan mendaftar melalui perseorangan.(Yuda)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial