Home Lang Lang Kota 3 Ribu Lebih Pemilih Di Kabupaten Blitar Dicoret Dari DPT Pilbup Blitar 2020
3 Ribu Lebih Pemilih Di Kabupaten Blitar Dicoret Dari DPT Pilbup Blitar 2020

3 Ribu Lebih Pemilih Di Kabupaten Blitar Dicoret Dari DPT Pilbup Blitar 2020

0

MayangkaraNews.com . 3 ribu lebih pemilih di Kabupaten Blitar dicoret dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup Blitar 2020 karena tidak memenuhi syarat, mayoritas sudah meninggal dunia.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Perencanaan Data & Informasi, Rully Kustantik mengatakan sebelum ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup Blitar 2020 pada Kamis 15 Oktober 2020, KPU Kabupaten Blitar sudah melakukan validasi data pemilih dari Daftar Pemilih Sementara atau DPS.

Hasilnya, dari 962.179 Daftar Pemilih Sementara (DPS) diketahui ada 3.326 pemilih baru & 3.505 pemilih yang tidak memenuhi syarat sehingga harus dicoret dari daftar pemilih, sehingga jumlah DPT menjadi 961.971 pemilih.

Rully menjelaskan dari 3.505 pemilih yang tidak memenuhi syarat, mayoritas mereka sudah meninggal dunia, namun masih masuk data sebagai pemilih sehingga harus dicoret agar hak pilihnya tidak dimanfaatkan oleh oknum.

Selain pemilih yang meninggal dunia, diketahui ada data pemilih ganda maupun pemilih yang sudah tidak tinggal di alamat sesuai domisili.

KPU Kabupaten Blitar memastikan pemilih yang tidak memenuhi syarat langsung dicoret dari daftar pemilih & pihaknya terus melakukan validasi daftar pemilih di Kabupaten Blitar.

Sesuai jadwal, setelah penetapan DPT, tahapan selanjutnya penyusunan Daftar Pemilih Tambahan atau DPtb. [foto dari KPU Kabupaten Blitar. april]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial