1. Home
  2. Kesehatan
  3. 30 Persen Nakes di Kabupaten Blitar Alami KIPI Pasca Terima Vaksin Jenis Moderna
30 Persen Nakes di Kabupaten Blitar Alami KIPI Pasca Terima Vaksin Jenis Moderna

30 Persen Nakes di Kabupaten Blitar Alami KIPI Pasca Terima Vaksin Jenis Moderna

0

MayangkaraNews.com . 30 persen dari 1736 tenaga kesehatan di Kabupaten Blitar sudah menerima booster atau vaksinasi ketiga jenis Moderna, mengalami efek samping pasca vaksin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr. Cristine Indrawati mengatakan, hampir 50 persen nakes di Kabupaten Blitar atau sebanyak 1736 nakes dari total 3641 nakes di Kabupaten Blitar, pada Kamis 26 Agustus sudah menerima booster atau vaksinasi ketiga dengan menggunakan vaksin jenis Moderna.

Menurut Cristine, 30 persen nakes yang melakukan vaksinasi ketiga mengalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Beberapa efek samping Yang dirasakan diantaranya meriang, nyeri tulang dan pusing. Bahkan sejumlah nakes ada yang izin kerja karena mengalami efek samping pasca vaksinasi.

Cristine memastikan efek samping ini sangat wajar karena setiap jenis vaksin memiliki efek samping berbeda dan tergantung respon tubuh dalam menerima vaksin.

Cristine menambahkan vaksinasi ketiga untuk nakes dilakukan secara bertahap agar tidak menganggu pelayanan kepada masyarakat, mengantisipasi adanya efek samping pasca vaksin.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung Didik Eka mengatakan vaksin Moderna mulai diberikan kepada masyarakat umum, setelah sebelumnya menjadi booster untuk tenaga kesehatan.

Minggu ini pihaknya mendistribusikan 6 ribu dosis vaksin Moderna untuk Kecamatan Gondang dan Kedungwaru, masing-masing 3 ribu dosis untuk suntikan pertama dan kedua.

Menurut Didik kedua kecamatan itu dalam beberapa hari terakhir kasusnya cukup tinggi sehingga Dinkes melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi. Didik memastikan ke depannya kecamatan lain juga akan kebagian jatah vaksin Moderna. [April/Amir]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x