1. Home
  2. Hukum
  3. &
  4. Kriminal
  5. Polisi Segera Lakukan Gelar Perkara Penangkapan 6 Orang Diduga Penambang Ilegal di Sungai Lahar Sumberasri Blitar
Polisi Segera Lakukan Gelar Perkara Penangkapan 6 Orang Diduga Penambang Ilegal di Sungai Lahar Sumberasri Blitar

Polisi Segera Lakukan Gelar Perkara Penangkapan 6 Orang Diduga Penambang Ilegal di Sungai Lahar Sumberasri Blitar

0

MayangkaraNews.com . Polisi segera melakukan gelar perkara tentang penangkapan 6 orang yang diduga melakukan penambangan pasir ilegal di aliran lahar Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jika proses pemeriksaan awal selesai dan memenuhi unsur pidana maka perkara di tingkatkan statusnya ke penyidikan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Heri Setiawan mengatakan, pihaknya segera melakukan gelar perkara tentang peristiwa penangkapan 6 orang yang diduga melakukan penambangan ilegal di di Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar pada Kamis 18 November 2021 lalu jika proses pemeriksaan awal selesai.

Apabila dari hasil pemeriksaan awal kasus itu memenuhi unsur pidana, maka perkara akan ditingkatkan ke status penyidikan. 6 orang yang di tangkap itu terdiri dari sopir dump truk, operator ekskavator dan lain sebagainya.

Yudhi mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti siapa pemilik tambang diduga ilegal yang menjadi sasaran penggerebekan itu.

Menurutnya, pihaknya bertumpu pada Undang-undang No 3 Tahun 2020 tentang pertambangan dalam menjalankan penegakan hukum. Jika memenuhi unsur pidana, para terduga pelaku diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda 1 miliar.

Diberitakan sebelumnya, dalam razia di lokasi tambang pasir di aliran lahar Desa Sumberasri Nglegok Kabupaten Blitar polisi menyita ekskavator dan dump truk. Polisi juga menangkap 6 orang terduga pelaku penambangi legal disana. [Dinda]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x