1. Home
  2. Kesehatan
  3. Antisipasi PMK, Pasar Hewan di Tulungagung Akan Tutup Sementara Mulai 16-29 Mei 2022
Antisipasi PMK, Pasar Hewan di Tulungagung Akan Tutup Sementara Mulai 16-29 Mei 2022

Antisipasi PMK, Pasar Hewan di Tulungagung Akan Tutup Sementara Mulai 16-29 Mei 2022

0

MayangkaraNews.com . Pasar hewan di Tulungagung akan tutup sementara mulai 16-29 Mei 2022 untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian soal penetapan daerah wabah penyakit mulut dan kuku di Jatim, pihaknya mengeluarkan edaran agar pasar hewan di Tulungagung tutup sementara mulai 16-29 Mei 2022.

Bupati menjelaskan penutupan ini dimaksudkan untuk pencegahan penularan PMK dan memastikan tidak ada penularan PMK di wilayah Tulungagung.

Sementara Disperindag dan DPMD diminta untuk menutup pasar hewan yang berada di bawah pembinaannya. Namun dalam edaran yang dikeluarkan ini, pemkab mengecualikan pasar ternak kambing skala lokal yang tetap boleh beroperasi dengan syarat harus disinfeksi lebih dulu.

Sementara itu Kepala Disperindag Tulungagung Tri Hariadi mengatakan Pasar Hewan Terpadu di Kecamatan Sumbergempol akan ditutup sementara karena ada pedagang sapi yang berasal dari daerah suspek PMK, sehingga untuk meminimalisir penularan dilakukan antisipasi dengan menutup operasional pasar.

Tri memastikan sudah memberitahu ke para pedagang baik di Tulungagung maupun luar kota terkait penutupan PHT ini. Dalam data Disperindag ada 61 pedagang sapi yang berasal dari luar kota yang berdagang di PHT. [Amir]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x