Home Lang Lang Kota Baru Ratusan Pekerja Migran Indonesia Yang Pulang Ke Tulungagung Dari 3 Ribuan PMI Yang Habis Kontrak
Baru Ratusan Pekerja Migran Indonesia Yang Pulang Ke Tulungagung Dari 3 Ribuan PMI Yang Habis Kontrak

Baru Ratusan Pekerja Migran Indonesia Yang Pulang Ke Tulungagung Dari 3 Ribuan PMI Yang Habis Kontrak

0

MayangkaraNews.com . Baru sekitar 429 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tulungagung pada pandemi Covid-19 dari sekitar 3.400 PMI yang telah habis kontrak.

Kabid Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja & Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Tulungagung, Triningsih Rahayu mengatakan dari bulan Maret sampai pertengahan September saat ini atau di tengah pandemi Covid-19, sekitar 429 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Tulungagung yang pulang dari negara asal.

Masih sedikitnya PMI atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke Tulungagung, menurut Trining, karena beberapa faktor, di antaranya tidak diperbolehkan pulang oleh majikanya & tertahan di negara tempat kerja karena ada pandemi Covid-19.

Selain itu, pada awal pandemi Virus Corona lalu, Pemkab Tulungagung memberikan himbauan kopada PMI atau TKI agar tidak pulang ke Tulungagung sebelum pandemi selesai.

Disinggung soal PMI yang telah habis kontrak tapi masih berada di negara tempat kerja apakah tidak ilegal, Trining menegaskan hal itu tidak ilegal & rata-rata mereka yang habis kontrak masih berada di rumah majikanya.

Trining juga mengatakan dari data yang dihimpunnya, Maret sampai Agustus 2020, sudah ada sektiar 3.400 PMI asal Tulungagung yang telah habis masa kontrak.

Ia menambahkan untuk PMI atau TKI yang telah pulang tersebut masih didominasi oleh negara Malaysia, Brunei Darussalam & Taiwan. [foto ilustrasi, dari kompascom. anggi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial