Home Lang Lang Kota Bawaslu Kabupaten Blitar Minta Puluhan Pendukung Paslon Keluar Dari Ruang Rapat Pleno
Bawaslu Kabupaten Blitar Minta Puluhan Pendukung Paslon Keluar Dari Ruang Rapat Pleno

Bawaslu Kabupaten Blitar Minta Puluhan Pendukung Paslon Keluar Dari Ruang Rapat Pleno

0

MayangkaraNews.com . Rapat pleno pengundian nomer urut pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Blitar dilakukan secara tertutup, Bawaslu Kabupaten Blitar meminta puluhan pendukung paslon keluar dari ruangan Rapat Pleno.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahudin mengatakan dalam Rapat Pleno pengundian nomor urut Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada #Pilkada di Kabupaten Blitar, Bawaslu meminta puluhan pendukung kedua paslon untuk keluar dari ruang Rapat #Pleno.

Hal ini dikarenakan Kamis (24/09/2020) dini hari, regulasi terbaru yang tertuang dalam PKPU No. 13 tahun 2020 yang mengatur detail terkait Rapat Pleno pengundian nomor urut paslon baru turun.

Dalam PKPU didalam Pasal 55 disebutkan beberapa pihak yang boleh hadir dalam Rapat Pleno pengundian nomor urut paslon hanya 5 komisioner KPU, 2 personal Bawaslu, 1 LO masing masing paslon, serta paslon saja. Selain itu dilarang hadir dalam rapat pleno.
Sementara dalam pasal 88 PKPU No 13 tahun 2020 juga disebutkan #Bawaslu bisa melakukan rekomendasi penundaan jika Rapat Pleno dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan pasal 55.

Sehingga pendukung yang hadir diminta keluar ruangan saat proses Rapat Pleno pengundian nomor urut dilakukan. Hakam mengakui sempat terjadi perdebatan dengan para pendukung namun semua bisa terselesaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saat dikonfirmasi Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa membenarkan pihaknya mengundang 15 pendukung masing masing #paslon karena masih mengacu pada regulasi lama sebelum PKPU No 13 tahun 2020 yang keluar Kamis dini hari sehingga pihaknya tidak sempat melakukan revisi undangan.

Hadi memastikan semua sudah berjalan sesuai aturan dan para pendukung bisa memahami adanya regulasi baru yang mengintruksikan Rapat Pleno pengundian nomor urut dilakukan secara terbatas sesuai dengan protap #Covid 19. [April]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial