1. Home
  2. Nasional
  3. &
  4. Dunia
  5. BBPOM merekomendasikan Dinkes untuk menulusuri asal bahan takjil berbahaya di Kota Blitar
BBPOM merekomendasikan Dinkes untuk menulusuri asal bahan takjil berbahaya di Kota Blitar

BBPOM merekomendasikan Dinkes untuk menulusuri asal bahan takjil berbahaya di Kota Blitar

0

Mayangkaranews.com : Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM ) Surabaya I Gusti Ngurah Bagus Kusumadewa mengatakan pihaknya secara langsung sudah menyampaikan ke Bidang P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Kota Blitar untuk mencari tahu dari mana para penjual takjil itu mendapatkan bahan-bahan berbahaya seperti rodamin B dan Borax yang terkandung di jualan mereka selanjutnya pihaknya juga menyarankan Dinkes untuk menelusuri agen distributor atau suplier tempat pedagang itu mengambil dagangan.
Menurut Gusti karena mayoritas yang dijual merupakan makanan siap saji pihaknya juga menyarankan Dinkes untuk mengamankan dagangan yang terbukti mengandung zat berbahaya itu agar tidak beredar atau terus di jual dimanapun termasuk di bazar takjil jalan A. Yani Kota Blitar. Gusti mengaku akan melakukan pembinaan administratif ke semua penjual yang bermasalah itu termasuk opsi membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi menjual takjil dan makanan berbahaya di Kota Blitar.
Sementara itu Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan ( P2PL ) Dinkes Kota Blitar Harni Setyorini mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rekomendasi dari BBPOM terkait dengan para penjual takjil berbahaya di Kota Blitar karena sejauh ini pihaknya juga fokus ke pembinaan artinya jika mereka menuruti rekomendasi Dinkes pihaknya akan membantu sosialisasi tetapi jika terus membandel pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan Polres Blitar Kota untuk penanganan penjual nakal itu. Diwartakan sebelumnya Rabu 15 juni 2016 sore BBPOM Surabaya dan Dinkes Kota Blitar melakukan uji lab di tempat terhadap 39 sampling takjil yang dijual di arena bazar takjil ramadhan jalan A. Yani Kota Blitar dan hasilnya terbukti rata-rata makanan yang di jual mengandung bahan berbahaya seperti Rodamin B dan Borax.(Yuda)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x