Home Lang Lang Kota Belasan Calon Anggota PPS Terindikasi Sebagai Anggota & Pengurus Partai Politik
Belasan Calon Anggota PPS Terindikasi Sebagai Anggota & Pengurus Partai Politik

Belasan Calon Anggota PPS Terindikasi Sebagai Anggota & Pengurus Partai Politik

0

MayangkaraNews.com . Belasan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terindikasi sebagai anggota & pengurus partai politik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin menegaskan berdasarkan pengawasan Bawaslu Kabupaten Blitar ada 13 nama calon anggota PPS yang tercantum pada pengumuman KPU Kabupaten Blitar masuk dalam Sistem Informasi Parpol atau Sipol.

Menurut Hakam, sesuai dengan ketentuan Pasal 18 Ayat 1 Huruf E PKPU Nomor 13 Tahun 2017 yang menjadi syarat untuk menjadi anggota PPK, PPS & KPPS antara lain tidak menjadi anggota parpol yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat dalam jangka waktu 5 tahun tidak lagi menjadi anggota parpol yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus parpol bersangkutan.

Atas temuan ini, Bawaslu Kabupaten Blitar mengeluarkan rekomendasi, KPU Kabupaten Blitar melakukan klarifikasi kepada calon anggota PPS yang namanya terindikasi anggota & pengurus parpol, sehingga proses pembentukan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah membenarkan atas rekomendasi Bawaslu Kabupaten Blitar.

Menurut Nikmatus, KPU Kabupaten Blitar akan melakukan klarifikasi langsung kepada nama yang terindikasi masuk Sipol saat proses wawancara. Jika benar masuk data parpol maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat. [april]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial