Home Lang Lang Kota Belum Ada Aturan Resmi, Bawaslu Biarkan Pemasangan Poster Bacawali Marak Di Jalanan Di Kota Blitar
Belum Ada Aturan Resmi, Bawaslu Biarkan Pemasangan Poster Bacawali Marak Di Jalanan Di Kota Blitar

Belum Ada Aturan Resmi, Bawaslu Biarkan Pemasangan Poster Bacawali Marak Di Jalanan Di Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com . Bawaslu Kota Blitar membiarkan pemasangan poster Bakal Calon Walikota (Bacawali) yang marak di beberapa ruas jalan di Kota blitar karena belum ada aturan resmi.

Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengatakan sampai saat ini belum ada aturan tentang pemasangan baliho atau poster para Bakal Calon Walikota Blitar menjelang Pilwali 2020 yang terpasang di beberapa ruas jalan, sehingga Bawaslu Kota Blitar belum bisa mengambil tindakan penertiban.

Selain itu, kata dia, tahapan Pilwali Kota Blitar 2020 di KPU Kota Blitar belum sampai ke penetapan bakal pasangan calon. Sehingga pihaknya menyerahkan penertiban pemasangan baliho & poster gambar Bacawali itu ke Pemkot Blitar.

Menurutnya, di tahun 2019 lalu, ada instruksi larangan pemasangan gambar yang mengarah ke pencitraan diri sebelum ada penetapan di KPU, namun untuk tahun ini belum ada.

Bambang menambahkan Bawaslu Kota Blitar juga menginstruksikan ke Panwascam untuk inventarisir jumlah gambar di tiap kecamatan.

Sekretaris Desk Pemilu Kota Blitar, Hakim Sisworo membenarkan sudah banyak terpasang baliho, spanduk maupun poster para Bacawali & Bacawawali Kota Blitar.

Menurutnya, itu sifatnya pribadi sebab belum memasuki tahapan penetapan Cawali & Cawawali Kota Blitar. Akan tetapi, tetap harus ada izin pemasangan dari PTSP atau Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Blitar.

Hakim mengatakan jika KPU Kota Blitar sudah menetapkan sebagai Cawali & Cawawali Kota Blitar, maka alat peraga itu resmi & tempat pemasangannya akan diatur. Sementara pengawasan akan dilakukan Bawaslu Kota Blitar.

Sejumlah baliho & poster gambar Bacawali & Bacawawali antara lain, Purnawan Buchori, Henry Pradipta Anwar, Mohammad Tobroni & Said Novandi tersebar di beberapa titik ruas jalan, di antaranya di simpang empat PGSD, simpang tiga SMAN 1, Jalan Kenari, Jalan Merdeka, Jalan Dr. Wahidin & Jalan Ciliwung. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial