1. Home
  2. Kesenian
  3. BPCB Jawa Timur Identifikasi 2 Obyek Temuan di Karangtengah Sananwetan Kota Blitar
BPCB Jawa Timur Identifikasi 2 Obyek Temuan di Karangtengah Sananwetan Kota Blitar

BPCB Jawa Timur Identifikasi 2 Obyek Temuan di Karangtengah Sananwetan Kota Blitar

0

MayangkaraNews.com . BPCB Jawa Timur mengidentifikasi dua obyek temuan di Karangtengah Sananwetan Kota Blitar yang diduga situs cagar budaya. Mereka belum bisa memprediksi kedua temuan itu dari masa kerajaan mana, namun bisa dipastikan pernah terjadi aktivitas dimasa lalu.

Arkeolog BPCB Jawa Timur Nonuk Kristiana saat meninjau lokasi temuan obyek di Kelurahan Karangtengah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Rabu, 5 Mei 2021 mengatakan, dua objek itu diantaranya jambangan air dan struktur bata kuno.

Menurut Nonuk, dari hasil tinjauan lapangan di titik pertama letak jambangan, pihaknya tidak menemukan angka tahun yang biasanya ada di sisi sisi benda, yang menunjukan #bendasejarah itu mempunyai nilai tinggi.

Sedangkan di titik kedua, letak struktur bata kuno pihaknya menemukan struktur bata ada dua sisi, satu mengarah ke utara – selatan dengan panjang 330 cm tersusun tujuh lapis bata ketinggian 64 cm dan satu lagi bagian ujung selatan mengarah ke timur yang sudah tampak dalam permukaan tanah dengan panjang 190 cm lebar 30 cm dan tinggi 105 cm tersusun 11 lapis bata.

Selain itu juga ditemukan beberapa pecahan gerabah, baik halus dan kasar. Nonuk mengaku belum bisa memprediksi temuan ini dari masa kerajaan mana. Akan tetapi nonuk meyakini adanya aktivitas masyarakat dimasa lalu berdasarkan temuan itu.

Sehingga Tim BPCB akan mendalami hasil tinjauan lapangan, untuk menentukan apakah diperlukan penanganan lanjutan terhadap dua temuan ini.

Nonuk menambahkan, meski lokasi temuan antara jambangan dan stuktur bata kuno tidak jauh, pihaknya belum bisa memastikan ada keterkaitan atau tidak. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial