Home Lang Lang Kota BPCB Trowulan Mulai Melakukan Ekskavasi Di Lokasi Penemuan Candi Di Kelurahan Gedog Kota Blitar
BPCB Trowulan Mulai Melakukan Ekskavasi Di Lokasi Penemuan Candi Di Kelurahan Gedog Kota Blitar

BPCB Trowulan Mulai Melakukan Ekskavasi Di Lokasi Penemuan Candi Di Kelurahan Gedog Kota Blitar

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Mojokerto mulai melakukan ekskavasi di lokasi yang diduga penemuan situs Candi Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Senin (7/10/2019). Ekskavasi penyelamatan tahap awal dilakukan selama lima hari.

“Tim akan melakukan penggalian di beberapa titik lokasi yang diduga penemuan Candi Gedog. Selain itu, tim juga memasang patok dan benang di beberapa titik yang diduga terdapat bekas bangunan candi. Tim akan menggali beberapa titik di lokasi untuk menemukan struktur bangunan candi. Proses penggalian akan dilakukan sampai di dasar bangunan candi. Hasil ekskavasi tahap awal ini untuk menentukan langkah selanjutnya, apakah akan dilakukan ekskavasi total di lokasi atau tidak,” jelas Nugroho Harjo Lukito Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog dari BPCB Trowulan

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono mengatakan, Pemkot Blitar mendukung upaya ekskavasi yang dilakukan Tim BPCB di lokasi diduga tempat penemuan Candi Gedog. Pemkot Blitar sudah mengirim surat izin ke pemilik lahan yang akan diekskavasi. Hasil ekskavasi ini akan menjadi dasar bagi Pemkot Blitar untuk melakukan pembebasan lahan di lokasi. Apabila dari hasil ekskavasi awal ini ditemukan potensi bangunan Candi Gedog dan harus dilakukan ekskavasi total, maka Pemkot Blitar siap untuk membebaskan lahan di lokasi.

Diberitakan sebelumnya, Tim BPCB Jawa Timur mengecek lokasi penemuan batu mirip Arca Kepala Kala di ladang jagung Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Ada tujuh titik benda yang diduga cagar budaya di lokasi penemuan batu mirip Arca Kepala Kala itu. Tujuh titik benda yang diduga cagar budaya itu rata-rata berupa batu bata yang tertata mirip pondasi. Batu bata yang
tersusun seperti pondasi itu ditemukan di sisi Selatan dan Barat lokasi penemuan batu mirip Arca Kepala Kala. [Dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial