Home Hukum & Kriminal Dari 30 Ribuan PJU Di Tulungagung, Hanya 5 Persen Yang Pakai Tenaga Surya
Dari 30 Ribuan PJU Di Tulungagung, Hanya 5 Persen Yang Pakai Tenaga Surya

Dari 30 Ribuan PJU Di Tulungagung, Hanya 5 Persen Yang Pakai Tenaga Surya

0

MayangkaraNews.com . Dari sekitar 30 ribu PJU di Tulungagung, hanya 5 persen yang menggunakan tenaga surya. Minimnya penggunaan PJU tenaga surya selain harga lebih mahal, juga karena mudah hilang dicuri.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Tulungagung, Sujarmani mengatakan saat ini Dishub Tulungagung lebih memilih menggunakan instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) menggunakan aliran listrik dari PLN daripada menggunakan tenaga surya.

Sehingga sampai saat ini, dari 30 ribuan PJU yang dipasang di wilayah Tulungagung, baru 5 persen yang masih mengggunakan tenaga surya & kemungkinan tidak akan mengalami peningkatan dalam waktu dekat.

Sujarmani menjelaskan selain karena harga yang lebih mahal, PJU menggunakan instalasi tenaga surya juga sangat beresiko hilang dicuri.

Ia mengaku sebenarnya menggunakan tenaga surya sangat efektif digunakan di wilayah pegunungan yang belum dialiri listrik PLN & biaya perawatan cukup murah. Namun resiko hilang sangat tinggi. Biasnaya setelah 6 bulan dipasang, ada saja bagian PJU yang hilang.

Sujarmani menambakan berbeda dengan PJU untuk traffic-light di wilayah perkotaan Tulungagung masih memungkinkan untuk menggunakan instalasi tenaga surya karena mudah untuk dilakukan pengawasan & pemeliharaannya. [foto ilustrasi, dari NabireNet. anggi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial