Home Lang Lang Kota Desakan Tertibkan Keramba Lobster Yang Menutup Jalur Kapal Nelayan Tidak Direspon, Ratusan Nelayan Pantai Popoh Mengeluh Tangkapannya Turun
Desakan Tertibkan Keramba Lobster Yang Menutup Jalur Kapal Nelayan Tidak Direspon, Ratusan Nelayan Pantai Popoh Mengeluh Tangkapannya Turun

Desakan Tertibkan Keramba Lobster Yang Menutup Jalur Kapal Nelayan Tidak Direspon, Ratusan Nelayan Pantai Popoh Mengeluh Tangkapannya Turun

0

MayangkaraNews.com . Desakan untuk menertibkan keramba lobster yang menutup jalur kapal nelayan tangkap ikan tidak direspon, ratusan nelayan Pantai Popoh Tulungagung mengeluh tanggkapannya turun 80 persen.

Salah satu nelayan ikan tangkap Pantai Popoh Desa Besole Besuki Tulungagung, Bedung mengatakan setelah adanya kebijakan untuk memperbolehkan menangkap benur dari Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) ada sekitar 300 nelayan terus mengalami kerugian apabila melaut.

Bahkan, menurutnya, untuk tangkapan ikan saat ini sudah turun drastis sampai 80 persen.

Bedung menyebut para nelayan ikan tangkap juga sudah sering mengadu ke dinas terkait agar diberikan solusi terkait permasalah tersebut. Akan tetapi sampai saat ini tidak direspon. Apalagi dari pemerintah menyebut belum bisa menertibkan para keramba benur karena terganjal aturan hukum.

Hal itu, tegasnya, sangat disayangkan. Di satu sisi nelayan penangkap benur diakomadasi melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB), di sisi lain aturan mengenai penempatan keramba belum diatur.

Seharusnya, kata dia, pemerintah dalam membuat kebijakan bisa memikirkan nasib seluruh nelayan tidak hanya satu pihak saja.

Ia menegaskan para nelayan sebenarnya tidak menolak adanya keramba benur, tetapi menolak kalau keramba benur memenuhi jalur nelayan ikan tangkap.

Sebelumnya, Dinas Kelautan & Perikanan Jatim belum bisa menertibkan keramba benur yang menghalangi jalur nelayan tangkap di Pantai Popoh karena masih terhalang aturan hukum yang belum selesai. [foto ilustrasi, dari bisniscom. anggi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial