Home Lang Lang Kota Di Kota Blitar Ditemukan Puluhan Ekor Sapi & Kambing Yang Terdapat Penyakit Cacing Hati & Pneumonia
Di Kota Blitar Ditemukan Puluhan Ekor Sapi & Kambing Yang Terdapat Penyakit Cacing Hati & Pneumonia

Di Kota Blitar Ditemukan Puluhan Ekor Sapi & Kambing Yang Terdapat Penyakit Cacing Hati & Pneumonia

0

MayangkaraNews.com . Data sementara, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota Blitar menemukan puluhan ekor sapi & kambing yang terdapat penyakit cacing hati & paru-paru terkena pneumonia yang disembelih saat perayaan Idul Adha.

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota Blitar, Dewi Masitoh mengatakan pengawasan di hari pertama penyembelihan hewan kurban, Jum’at 31 Juli 2020 di beberapa wilayah Kota Blitar, petugas menemukan puluhan ekor sapi, kambing & beberapa domba terkena penyakit cacing hati atau fasciola hepatica & paru-paru terkena pneumonia. Mayoritas didominasi penyakit cacing hati.

Dewi menjelaskan dari 183 ekor sapi, ada 36 sapi yang terkena penyakit cacing hati & 8 ekor sapi paru-paru terkena pneumonia.

Kemudian dari 697 ekor kambing, ada 25 ekor kambing yang terkena penyakit cacing hati & 35 ekor kambing paru-paru terkena pneumonia. Serta dari 8 ekor domba, ada 3 ekor domba yang paru-parunya terkena pneumonia.

Menurutnya, organ yang terkena penyakit itu dibuang karena tidak layak dikonsumsi. Sedangkan untuk dagingnya tetap aman dikonsumsi.

Ia mengakatan data hewan kurban & temuan penyakit ini bisa bertambah karena petugas masih terus memantau hingga Senin 3 Juli 2020.

Dewi menambahkan untuk hari kedua penyembelihan, Sabtu 1 Agustus 2020, tercatat ada 235 sapi & 937 kambing. Namun untuk jumlah berapa ekor hewan yang terjangkit penyakit masih belum bisa disebutkan, sebab sampai Sabtu jam 12 siang masih proses pemantauan.

Sementara untuk protokol kesehatan saat penyembelihan di masing-masing takmir, sudah diterapkan dengan baik. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial