Home Ekonomi Dibutuhkan Anggaran Rp 36 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Ngunut Pasca Terbakar
Dibutuhkan Anggaran Rp 36 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Ngunut Pasca Terbakar

Dibutuhkan Anggaran Rp 36 Miliar Untuk Pembangunan Pasar Ngunut Pasca Terbakar

0

MayangkaraNews.com . Dibutuhkan anggaran Rp 36 miliar untuk pembangunan Pasar Ngunut Tulungagung pasca terbakar Jum’at 8 November 2019 lalu.

Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan (Disperindag) Tulungagung, Imroatul Mufidah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang (PUPR) untuk pembangunan kembali Pasar Ngunut. Berdasarkan penghitungan sementara, pembangunan Pasar Ngunut membutuhkan anggaran sekitar Rp 36 miliar.

Imroatul masih mengupayakan adanya sharing anggaran dalam pembangunan Pasar Ngunut dengan menggandeng Kementerian Perdagangan, Kementerian PUPR & Pemprov Jatim agar tidak semuanya membebani APBD Tulungagung.

Nantinya, kata dia, desain Pasar Ngunut baru akan berstandar SNI. Di Jawa Timur baru ada 2 pasar yg ber-SNI.

Ia menambahkan pendirian lapak darurat di Pasar Hewan Ngunut sedang dilakukan & menelan anggaran sekitar Rp 2,6 miliar.

Menurut Imroatul, kerusakan bangunan Pasar Ngunut yg ludes terbakar sekitar 70%, sedangkan kerugian dari segi bangunan pasarnya diperkirakan mencapai Rp 157 juta. Kerugian bangunan tidak begitu besar karena Pasar Ngunut dibangun sekitar tahun 1970 sehingga estimasi nilainya mengikuti tahun dibangunnya pasar.

Kata dia, nominal itu tidak termasuk kerugian barang2 milik pedagang karena masing-masing pedagang punya perhitungan sendiri.

Dalam catatan Disperindag Tulungagung, dari sekitar 800 pedagang di Pasar Ngunut, ada 522 pedagang di antaranya yg akan menempati lokasi sementara di Pasar Hewan Ngunut sampai bangunan utama Pasar Ngunut diperbaiki tahun depan.

Ia memastikan saat pembangunan kembali Pasar Ngunut, pihaknya akan lebih melengkapi fasilitas penunjang di dalamnya, termasuk hidran maupun alat pemadam api ringan untuk mengantisipasi adanya kejadian yg sama.

Sementara, penyebab kebakaran Pasar Ngunut masih diselidiki oleh pihak Kepolisian. [amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial