1. Home
  2. Kesehatan
  3. Dinas Kesehatan Tulungagung Temukan Takjil Menggunakan Bahan Berbahaya
Dinas Kesehatan Tulungagung Temukan Takjil Menggunakan Bahan Berbahaya

Dinas Kesehatan Tulungagung Temukan Takjil Menggunakan Bahan Berbahaya

0

MayangkaraNews.com . Dinas Kesehatan Tulungagung menemukan 4 produk makanan positif menggunakan bahan berbahaya dalam sidak jajanan takjil Jum’at sore.

Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Tulungagung Masduki mengatakan, pihaknya Jum’at sore menggelar sidak dan uji sampel makanan takjil di 5 titik di wilayah Tulungagung.

Kelima titik itu diantaranya di Desa Ringinpitu Ketanon dan Gendingan Kecamatan Kedungwaru, sampai Kelurahan Kepatihan dan Jepun Kecamatan Tulungagung Kota. Ada 31 sampel yang terkumpul dan saat dilakukan uji sampel, ditemukan empat produk positif mengandung bahan berbahaya.

Masduki menjelaskan, 1 produk krupuk mengandung boraks, 1 produk krupuk mengandung rhodamin B, serta produk usus dan cecek mengandung formalin.

Tindak lanjut dari temuan ini, Dinas Kesehatan akan melakukan pembinaan kepada produsen yang masih menggunakan bahan berbahaya saat proses produksi. Padahal mereka para produsen sudah pernah membuat pernyataan tidak akan menggunakan bahan berbahaya dan sudah memahami ada ancaman pidana sampai 5 tahun bila kedapatan menggunakan bahan berbahaya.

Sementara itu, Khotimah satu diantara pedagang takjil menjamin makanan yang dijualnya aman dari bahan berbahaya karena semua dimasak sendiri. Khotimah sudah sekitar 30 tahun berjualan makanan dan biasanya di momen ramadhan ini omsetnya 2 juta per hari. [amir]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial