1. Home
  2. Kesenian
  3. Ditengah Pandemi, Upacara Adat Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Upas Tulungagung Tetap Digelar
Ditengah Pandemi, Upacara Adat Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Upas Tulungagung Tetap Digelar

Ditengah Pandemi, Upacara Adat Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Upas Tulungagung Tetap Digelar

0

MayangkaraNews.com . Meskipun masih dalam PPKM Level 4, Upacara Adat Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Upas Tulungagung tetap dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tulungagung dengan jumlah yang terbatas.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, Jumat pagi tanggal 20 Agustus 2021, upacara adat Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Upas Tulungagung yang rutin dilaksanakan tiap hari jumat setelah tanggal 10 Suro sesuai dalam penanggalan Jawa, tetap digelar meskipun masih dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Menurut Bupati hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya turun temurun dari bupati ngerowo sampai kepada Bupati Tulungagung saat ini, sekaligus mengembangkan nilai tradisi budaya dari leluhur yang adi luhung. Bupati menjelaskan sebelum adanya pandemik, prosesi upacara adat jamasan yang biasa dilakukan dengan cara mengarak tombak keluar untuk dicuci, namun untuk mencegah kerumunan masa, prosesi adat jamasan hanya dilakukan oleh beberapa orang dengan jumlah tamu undangan sebanyak 50 orang saja.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung, Bambang Ermawan mengatakan untuk mengenang para leluhur di Tulungagung perlu adanya pelastarian adat budaya yang dilakukan meskipun masih dalam era pandemik Covid-19. Selain itu juga acara adat jamasan pusaka Kanjeng Kyai Upas menjadi salah satu program nasional keragaman budaya yang harus dibudidayakan dan ditumbuh kembangkan untuk menghormati para leluhur di Tulungagung. [Foto : baritorayapost / Amir]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x