1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. DPRD Kota Blitar Menilai Pengadaan Seragam Gratis Tidak Sesuai Aturan
DPRD Kota Blitar Menilai Pengadaan Seragam Gratis Tidak Sesuai Aturan

DPRD Kota Blitar Menilai Pengadaan Seragam Gratis Tidak Sesuai Aturan

0

MayangkaraNews.com . DPRD Kota Blitar menilai proses pengadaan seragam gratis siswa SD dan SMP di Kota Blitar tidak sesuai aturan.

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Blitar Ito Tubagus Aditya mengatakan, beberapa proses pengadaan seragam yang dinilai tidak sesuai aturan itu diantaranya jenis kain seragam yang dipilih tidak ada dipasaran namun hanya ada di pabrik.

Padahal pengadaan barang dan jasa, jenis kain harus yang umum ada dipasaran, selain itu lelang yang dilakukan ada indikasi hanya sebagai formalitas. Temuan lain harga seragam per potong didapati selisih harga sekitar 50 ribu, antara harga dari pemenang lelang dan harga pasaran di Kota Blitar.

Ito menjelaskan, harga dari pemenang lelang berkisar Rp 145 ribu sedangkan harga pasaran di Kota Blitar di kisaran Rp 75 ribu sampai Rp 125 ribu. Sehingga pengadaan lelang seragam gratis ini berpotensi merugikan keuangan negara.

Ito juga menyayangkan, dalam pengadaan ini tidak terjadi pemberdayaan penjahit lokal karena proses jahit seragam dikerjakan konveksi besar. DPRD Kota Blitar terus mengawal proses pengadaan seragam siswa gratis tahun ini.

DPRD akan memantau apakah rekanan bisa menyelesaikan pengadaan seragam gratis siswa selama 100 hari. Jika tidak, maka pihaknya akan menindaklanjuti secara hukum.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar Samsul Hadi mengaku, lelang pengadaan seragam gratis siswa SD dan SMP tahun ini sudah sesuai dengan aturan yang ditentukan. Saat ini, sedang proses pengerjaan dari rekanan. Samsul menargetkan seragam gratis para siswa dapat dibagikan pada akhir tahun 2021. [Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x