Home Lang Lang Kota Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Di Kota Blitar Akan Dimulai Februari Nanti
Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Di Kota Blitar Akan Dimulai Februari Nanti

Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Di Kota Blitar Akan Dimulai Februari Nanti

0

MayangkaraNews.com . Ekskavasi lanjutan Candi Gedog di Kelurahan Gedog Sananwetan Kota Blitar akan dimulai Februari nanti.

Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Tri Iman mengatakan ekskavasi lanjutan Candi Gedog tahun ini di antaranya sewa lahan selama 1 tahun, pemberian ganti rugi kerusakan tanaman petani & pemindahan makam kuburan.

Tri Iman menjelaskan Disparbud Kota Blitar sudah bertemu dengan pemilik lahan, petani penggarap & ahli waris makam. Pihaknya hanya tinggal menunggu pencairan anggaran 2020.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan RT, RW & LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) setempat terkait ekskavasi lanjutan ini.

Nantinya setelah ada sewa lahan, pencarian pagar keliling Candi Gedog akan dilanjutkan dengan gotong royong bersama warga sekitar. Sementara titik pagar keliling lingkungan Candi Gedog yang sudah ditemukan, saat ini sudah dikoordinasikan dengan lurah & camat.

Rencananya, ada 2 kali survei ekskavasi untuk menemukan titik baru keberadaan candi atau tempat pemandian.

Ekskavasi ini akan dimulai pada Februari nanti. Tri Iman menambahkan pihaknya akan tetap bekerja sama dengan BPCB Jawa Timur dalam koordinasi & pengawasan.

Sebelumnya, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur sudah melakukan ekskavasi Candi Gedog sejak Oktober 2019 lalu.

Tim BPCB Jatim menemukan pagar keliling lingkungan Candi Gedog. Sedangkan posisi bangunan utama candi diperkirakan masih terpendam di sekitar pohon beringin di dalam pagar keliling lingkungan candi.

BPCB Jatim merekomendasikan agar Pemkot Blitar mendukung ekskavasi lanjutan untuk menemukan bangunan induk Candi Gedog. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial