Home Lang Lang Kota Ekskavasi Lanjutan Untuk Menemukan Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Direncanakan Tahun 2020
Ekskavasi Lanjutan Untuk Menemukan Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Direncanakan Tahun 2020

Ekskavasi Lanjutan Untuk Menemukan Bangunan Utama Candi Gedog Kota Blitar Direncanakan Tahun 2020

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Pemerintah Kota Blitar mendukung rencana ekskavasi lanjutan yang di usulkan BPCB Trowulan untuk mencari bangunan utama Candi Gedog di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Namun, karena ekskavasi ini membutuhkan anggaran seperti mengganti tanaman milik petani, memindahkan makam kuburan atau pembebasan lahan, sehingga Pemkot memutuskan untuk melakukan ekskavasi lanjutan pada tahun 2020 mendatang.

“Pemkot Blitar mendukung adanya ekskavasi lanjutan ini untuk menambah daya tarik Pariwisata di Kota Blitar,” jelas Tri Iman Prasetyono Kepala Dinas Pariwisata Kota Blitar

Sementara itu Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog dari BPCB Trowulan Nugroho Harjo Lukito mengatakan akan melaporkan apa yang didapat pada ekskavasi awal di Candi Gedog Kota Blitar ke pimpinan. Selain itu pihakya juga akan melaporkan hasil koordinasi bersama Pemkot Blitar. Pihaknya berharap, Pemkot Blitar dapat mendukung ekskavasi lanjutan ini. Pihaknya juga memahami untuk melakukan ekskavasi membutuhkan anggaran untuk pembebasan lahan juga.

Diberitakan sebelumnya, Jum’at siang (11/10/2019) tim Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Trowulan Mojokerto selesai melakukan ekskavasi awal di situs Candi Gedog Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tim BPCB baru menemukan pagar keliling lingkungan Candi Gedog. Sedangkan posisi bangunan utama candi diperkirakan masih terpendam di sekitar pohon beringin di dalam pagar keliling lingkungan candi. Menurutnya, setelah diukur luas pagar keliling lingkungan candi berkisar 28 m x 30 m. [Dinda]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial