1. Home
  2. Kesenian
  3. Ekskavasi Tahap 2, BPDB Targetkan Bisa Menampakkan Struktur Bangunan Candi Gedog
Ekskavasi Tahap 2, BPDB Targetkan Bisa Menampakkan Struktur Bangunan Candi Gedog

Ekskavasi Tahap 2, BPDB Targetkan Bisa Menampakkan Struktur Bangunan Candi Gedog

0

MayangkaraNews.com . Ekskavasi tahap kedua BPCB Jawa Timur menargetkan bisa menampakan struktur bangunan di Candi Gedog Kota Blitar.

Arkeolog BPCB Jawa Timur Nonuk Kristiana mengatakan, hari pertama dimulai ekskavasi Kamis 20 Mei 2021 pihaknya melakukan konsolidasi tim, kemudian membersihkan areal untuk pembuatan kotak galian dan melakukan survei permukaan di lokasi guna memudahkan proses penggalian.

Selain itu pihaknya juga terus mencari data pendukung untuk hasil analisis akhir pelaksanaan ekskavasi. Nonuk mengatakan, titik galian ini difokuskan mengarah ke barat dari titik galian pada ekskavasi sebelumnya.

Hal itu dilakukan agar dapat melihat formasi bangunan Candi Gedog terlebih jika nantinya tim dapat menemukan sudut bangunan. Nonuk berharap, bisa menemukan struktur candi untuk menentukan jenis bangunan. Nonuk menambahkan, ada 9 orang yang diterjunkan dari tim BPCB Jatim dan bantuan 5 orang warga Kelurahan Gedog.

Sementara Kepala Disparbud Kota Blitar Tri Iman mengatakan, BPCB Jatim sudah melaksanakan kegiatan di situs Candi Gedog sejak 2019 lalu. Menurutnya ekskavasi lanjutan di tahun 2021 ini merupakan ekskavasi tahap kedua dan akan dilaksanakan selama tujuh hari sampai tanggal 27 Mei 2021. [nindy]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial