1. Home
  2. Ekonomi
  3. Harga Tomat di Pasar Tradisional Kota Blitar Naik 3 Kali Lipat
Harga Tomat di Pasar Tradisional Kota Blitar Naik 3 Kali Lipat

Harga Tomat di Pasar Tradisional Kota Blitar Naik 3 Kali Lipat

0

MayangkaraNews.com . Harga tomat di pasar tradisional Kota Blitar mencapai Rp 15.000 per kilogram atau naik 3 kali lipat dari harga normal. Kenaikan harga tersebut karena pasokan dari petani yang minim akibat dampak cuaca.

Satu diantara pedagang Pasar Pon Kota Blitar Intan Andriyani mengatakan, harga tomat sayur dan tomat buah naik secara bertahap sejak awal Januari lalu.

Sebelumnya harga normal tomat di kisaran Rp5.000 per kilogram. Namun sekarang naik drastis atau 3 kali lipat dari harga normal.

Sabtu (15/1/22) harga jual tomat sayur sekitar 12-13 ribu rupiah. Sedangkan untuk tomat buah yaitu Rp15.000 per kilogram.

Intan mengatakan, naiknya harga tomat ini akibat pasokan dari petani yang terbatas karena banyak petani yang gagal panen akibat cuaca. Intan mengaku, kenaikan harga tomat berpengaruh terhadap penjualan yang biasanya rata-rata per hari mampu menjual 20-25 kilogram tomat namun sekarang hanya 10 kilogram per hari.

Harga tomat naik drastis dalam 2 pekan ini juga dirasakan Sri Budi pedagang tomat di Pasar Templek Kota Blitar. Menurutnya, kenaikan harga tomat bervariasi mulai dari harga Rp5.000 kemudian Rp9.000 dan sekarang Rp15.000 per kilogram.

Sri Budi mengatakan, tidak hanya harga tomat yang naik namun beberapa bahan pokok lainnya juga naik di awal tahun 2022. [Foto ilustrasi. Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x