1. Home
  2. Kesenian
  3. Hari Terakhir Survei Ekskavasi, Tim BPCB Temukan Struktur Pagar & Pecahan Gerabah di Area Persawahan Karangtengah Blitar
Hari Terakhir Survei Ekskavasi, Tim BPCB Temukan Struktur Pagar & Pecahan Gerabah di Area Persawahan Karangtengah Blitar

Hari Terakhir Survei Ekskavasi, Tim BPCB Temukan Struktur Pagar & Pecahan Gerabah di Area Persawahan Karangtengah Blitar

0

MayangkaraNews.com . Hari terakhir survei penyelamatan, BPCB Jatim menemukan struktur pagar, banyak pecahan gerabah dan keramik di area persawahan Kelurahan Karangtengah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Diduga area ini merupakan situs hunian sebuah pemukiman bangsawan.

Arkeolog BPCB Jatim Nonuk Kristiana mengatakan, dalam waktu lima hari, pihaknya berhasil membuka 8 kotak galian dilokasi. Dari galian itu, ditemukan struktur bata kuno yang mengarah pada sebuah stuktur pagar.

Menurutnya, pagar yang mengarah ke utara-selatan panjangnya sekitar 14,40 meter, sedangkan struktur bata yang mengarah ke barat-timur panjangnya sekitar 19,80 meter.

Selain itu, tim BPCB juga menemukan banyak pecahan gerabah, baik halus maupun kasar di lokasi. Pecahan gerabah itu diduga peralatan dapur seperti priuk, pasu, leher kendi, gendik dan lain-lain.

Ada juga gaco dan keramik zaman dinasti song yang menguatkan dugaan area persawahan ini merupakan situs hunian sebuah kawasan pemukiman kalangan tertentu atau bangsawan.

Nonuk akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar untuk membahas penanganan temuan cagar budaya ini, terkait penyelamatan atau pelestarian disertai penelitian selanjutnya di lokasi.

Diberitakan sebelumnya, BPCB Jawa Timur melakukan survei ekskavasi pada objek yang diduga cagar budaya di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar selama 5 hari mulai 20 September sampai 24 September mendatang.

Dengan personil tim BPCB sebanyak 9 orang, dibantu tim Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar dan warga setempat. [Nindy]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x