1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Hingga Kini, Klaim Asuransi Petani Di Tulungagung Senilai Rp 60 Juta Masih Belum Bisa Dicairkan
Hingga Kini, Klaim Asuransi Petani Di Tulungagung Senilai Rp 60 Juta Masih Belum Bisa Dicairkan

Hingga Kini, Klaim Asuransi Petani Di Tulungagung Senilai Rp 60 Juta Masih Belum Bisa Dicairkan

0

MayangkaraNews.com . Hingga saat ini, klaim asuransi petani senilai Rp 60 juta masih belum bisa dicairkan karena data para petani baru didaftarkan oleh para Kelompok Tani.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Tulungagung, Suprapti melalui Kepala seksi (Kasi) Pembiayaan Dispertan Tulungagung, Alifi Krisdyanto mengatakan saat ini Dispertan Tulungagung masih belum bisa mencairkan klaim AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) untuk petani yang terkena dampak gagal panen.

Alifi mengatakan data petani yang masuk baru didaftarkan oleh Kelompok Tani. Akibatnya, klaim pencairannya masih menunggu proses verifikasi dari pihak ketiga yang ditargetkan pada akhir November akan cair.

Hingga awal November 2020 sudah ada sekitar 75 petani yang mengajukan klaim Asuransi Usaha Tani Padi atau AUTP akibat tanaman padi miliknya terserang hama sehingga mengakibatkan gagal panen.

Ia menyebut ada sekita 32,93 hektar yang mengalami gagal panen, dengan biaya klaim asuransi tani sebesar Rp 197 juta.

Alifi mengaku pihaknya mencatat klaim asuransi tani di tahun 2020 ini masih disebabkan oleh Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tikus, atau yang biasa disebut dengan hama tikus sebanyak 21,43 hektar.

Ia menambahkan luasan lahan yang mengalami gagal panen & mengajukan klaim Asuransi Usaha Tani Padi atau AUTP pada 2020 ini mengalami peningkatan dibanding dengan 2019 lalu.

Pihaknya mencatat pada 2019 awal Januari hingga Desember tercatat seluas 14,95 hektar dengan biaya klaim asuransi sebesar Rp 89,7 juta. [foto ilustrasi, dari trubusid. haswi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial