Home Lang Lang Kota Kebanyakan TKI asal Kota Blitar ternyata tidak mempunyai skill khusus
Kebanyakan TKI asal Kota Blitar ternyata tidak mempunyai skill khusus

Kebanyakan TKI asal Kota Blitar ternyata tidak mempunyai skill khusus

0

Mayangkaranews.com : Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Blitar Eka Atiqah mengatakan dari 300 lebih TKI-TKW asal Kota Blitar yang saat ini bekerja di luar negeri mayoritas ternyata hanya bekerja di sektor Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) yang tidak memiliki keterampilan atau biasa di sebut sektor informal dengan hanya mengandalkan keahlian harian yang dimiliki kebanyakan orang saja sehingga muncul stereotype dan pandangan mengenai TKI itu cenderung negatif. Menurut Eka TKI dianggap sebagai warga kelas dua karena tidak memiliki skill dan ketrampilan yang bisa mengangkat derajadnya di luar negeri seperti skill bahasa, penguasaan bidang tertentu seperti elektronika, internet dan memasak modern.
Kondisi ini sebenarnya terjadi di semua Kabupaten-Kota di seluruh indonesia yang penduduknya banyak menjadi TKI-TKW karena pihaknya tidak bisa melarang mereka untuk bekerja di rumah tangga karena memang kebanyakan job yang ada berada di sektor Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) sementara untuk sektor lain seperti pabrik dan formal kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit dan test masuknya sangat sulit. Eka mengaku sudah banyak mengarahkan para TKI untuk memilih negara yang banyak mengambil pekerja dengan skill khusus seperti ke Korea Selatan, Jepang, Taiwan dan New Zealand. Eka menambahkan TKI asal Kota Blitar dengan skill khusus rata-rata bekerja menjadi caregiver, homemade, house worker dan operator mesin.(Yuda)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial