1. Home
  2. Kesehatan
  3. Kesadaran Masyarakat Kabupaten Blitar Test HIV Aids Masih Sangat Rendah
Kesadaran Masyarakat Kabupaten Blitar Test HIV Aids Masih Sangat Rendah

Kesadaran Masyarakat Kabupaten Blitar Test HIV Aids Masih Sangat Rendah

0

MayangkaraNews.com . Meski digratiskan, kesadaran masyarakat Kabupaten Blitar test HIV Aids masih sangat rendah karena dinilai memalukan.

Plt Kabid Pengendalian Pemberantasan Penyakit Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Eko Wahyudi membenarkan, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan VCT atau test HIV Aids masih sangat rendah.

Data tahun 2020 hanya 19 ribu lebih masyarakat Yang memanfaatkan layanan VCT atau test HIV Aids di rumah sakit maupun Puskesmas Kabupaten Blitar. Dari 19 ribu lebih ini, 12 ribu diantaranya merupakan ibu hamil karena wajib test HIV Aids sebelum melahirkan.

Sisanya merupakan penderita TBC maupun calon pengantin yang melakukan test HIV Aids. Eko menilai kesadaran masyarakat untuk test HIV Aids masih rendah, meskipun pemerintah sudah menggratiskan untuk test HIV Aids maupun pengobatan HIV Aids.

Menurut Eko, sebagian besar masyarakat masih menganggap penyakit HIV Aids adalah aib yang memalukan sehingga mereka enggan untuk memeriksakan diri. Eko berharap, kesadaran masyarakat untuk test HIV Aids semakin tinggi agar segera tertangani utamanya untuk masyarakat yang berisiko.

Eko menambahkan, beberapa layanan kesehatan yang menyedikan VCT gratis diantaranya RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Puskesmas Ponggok, Binangun, Srengat dan Kesamben. [Foto ilustrasi. April]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x