1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. KPLH Sendang Temukan Varietas Bambu Langka Di Dunia
KPLH Sendang Temukan Varietas Bambu Langka Di Dunia

KPLH Sendang Temukan Varietas Bambu Langka Di Dunia

0

MayangkaraNews.com . Kelompok Peduli Hutan Lindung Sendang menemukan varietas bambu embong atau Bambusa Conuta Murno di hutan gunung Wilis Desa Nyawangan Kecamatan Sendang yang dinyatakan langka didunia. Penemuan ini jadi yang kedua setelah sebelumnya ditemukan di wilayah Kabupaten Malang pada tahun 2015.

Ketua Kelompok Peduli Hutan Lindung (KPLH) Sendan Wahyudi mengatakan, pada Sabtu kemarin tim ekspedisi dari KPLH sendang menemukan varietas bambu embong atau dengan nama latin Bambusa Cornuta Murno yang keberadaan dinyatakan langka di dunia, di hutan lindung blok Ngebleg RPH Karangrejo, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang.

Bambu itu ternyata banyak tumbuh di dekat sumber mata air lereng gunung Wilis. Wahyu menyebut, sebelum mengetahui kalau bambu itu langka, masyarakat sudah memanfatakan bambu tersebut untuk di minum ketika berada di hutan karena tiap ruas bambu embong terdapat cadangan air.

Wahyu menegaskan, pihaknya baru mengetahui kalau bambu tersebut langka dan pernah ditemukan di Malang pada 2015 lalu dari artikel dan pemberitaan media massa. Pihaknya pun juga langsung melaporkan penemuan bambu embong ke instansi terkait.

Slamet menambahkan, Senin pihaknya bersama dengan instansi terkait untuk melakukan monitoring dan inventarisasi bambu embong tersebut. [Anggi]

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial