1. Home
  2. Lang
  3. Lang
  4. Kota
  5. Laporan Awal Dana Kampanye Ditolak Karena Terlambat Menyerahkan, Partai Berkarya Melaporkan KPU Ke Bawaslu
Laporan Awal Dana Kampanye Ditolak Karena Terlambat Menyerahkan, Partai Berkarya Melaporkan KPU Ke Bawaslu

Laporan Awal Dana Kampanye Ditolak Karena Terlambat Menyerahkan, Partai Berkarya Melaporkan KPU Ke Bawaslu

0

Mayangkaranews.com, Blitar — Partai Berkarya menggugat KPU Kabupaten Blitar yang menolak Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang mereka serahkan kepada KPU Kabupaten Blitar pada 23 September lalu, pukul 18.15 WIB karena batas akhir penyerahan pukul 18.00 WIB.

“Kami melihat ada kelalaian dari KPU dalam menerjemahkan peraturan no 24 dan 34 tahun 2018. Dimana dalam aturan dipebolehkan konsultasi dan penyerahan LADK melalui aplikasi. Dan sebelum pukul 18.00 WIB, Partai Berkarya telah mengirim laporan melalui whatsapp. Sehingga penolakan KPU terhadap LADK Partai Berkarya karena terlambat datang ke Kantor KPU seharusnya tidak dijadikan masalah,” jelas Priarno Kuasa Hukum Partai Berkarya Kabupaten Blitar.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Solahudin mengatakan, Selasa 2 Oktober pihaknya menerima pengajuan gugatan sengketa Pemilihan Legislatif dari Partai Berkarya. Partai Berkarya meminta KPU Kabupaten Blitar untuk tetap menerima LADK mereka, karena hanya terlambat beberapa menit. Karena jika tidak menyerahkan LADK dapat berpengaruh pada keikutsertaan Caleg dalam Pemilihan Legislatif yang dibatalkan. Bawaslu Kabupaten Blitar melakukan mediasi antara KPU Kabupaten Blitar dan Partai Berkarya, jika dalam mediasi ini terjadi kesepakatan maka sengketa dianggap selesai. Namun jika tidak ada kata mufakat, maka akan dilanjutkan pada sidang ajudikasi.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pengawasan,”Penolakan KPU terhadap LADK Partai Berkarya sudah sesuai dengan aturan, karena LADK maksimal diserahkan pada 23 September pukul 18.00 WIB. Namun kami siap mengikuti dan menjalankan setiap proses sengketa di Bawaslu Kabupaten Blitar,” jelas Luqman Hakim.

Diberitakan sebelumnya, sampai dengan batas akhir pelaporan LADK, pada Minggu 23 September pukul 18.00 WIB dari 16 Partai Politik Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Blitar, KPU hanya menerima 15 Laporan Awal Dana Kampanye Pemilu 2019. LADK Partai Berkarya ditolak karena terlambat dalam menyerahkan ke KPU. [Nita]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x